Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Manfaat Jambu Merah

KUNINGAN (MASS) – Jambu merah adalah salah satu jenis buah-buahan yang mudah dan gampang untuk dijumpai. Bisa kita temukan di pasar tradisional, minimarket, atau dipinggir jalan sekalipun. Cara menanamnya pun terbilang cukup mudah dan tidak memerlukan perawatan yang sulit. Tidak hanya rasanya saja yang enak, namun buah ini pun dipercaya mempunyai segudang manfaat mulai dari, biji, batang, ataupun daunnya yang bisa jadikan alternatif penyembuhan untuk kesehatan.

Buah jambu biji juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti halnya kandungan antioksida yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Salah satu manfaat buah ini juga yaitu untuk mencegah penyakit DBD, akan tetapi bukan hanya itu saja, masih banyak manfaat-manfaat lain yang kita dapat ketika mengonsumsi jambu merah seperti:

  1. Menurunkan darah tinggi
    Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi ataupun kolesterol sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Karena mengandung serat dan vitamin C yang tinggi hal itu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi jumlah kolesterol.
  2. Menjaga daya tahan tubuh. Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji melebihi kandungan vitamin C di jeruk. Vitamin C sendiri diketahui dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi.
  3. Memperlancar sistem pencernaan
    Manfaat jambu biji lainnya adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi, sehingga mampu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, ekstrak daun jambu biji juga dipercaya dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.
    4. Menjaga kesehatan kulit
    Manfaat lainnya yaitu menjaga kesehatan kulit, diketahui bahwa jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi bahkan kandungan vitaminnya melebihi dari jeruk. Hal ini dapat menjaga kesehatan kulit terutama tanda penuaan dini.
    5. Mengobati sariawan dan gusi bengkak
    Manfaat lainnya yaitu mengobati sariawan dan gusi bengkak, penyebab sariawan dan gusi bengkak adalah kurangnya kandungan vitamin C dan serat. Oleh karena itu jambu biji sendiri berperan dalam mendukung penyembuhan sariawan dan gusi bengkak karena memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi.

Sa’diyah (Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Lantaran habis masa bakti, kepemimpinan PD Salimah (Persaudaraan Muslimah) mengalami pergantian. Posisi ketua yang sebelumnya dijabat Faridha SPdI, kini diserahkan kepada...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Cukup membanggakan. Warga Kuningan, Ninin Setianingsih yang menjabat Ketua PD Salimah Kab. Kuningan menjadi salah satu dari 45 penulis Buku Kisah...

Netizen Mass

Malam ini begitu menerawangBagikan gelap tak kunjung terangManakala hati sedang gundah gulanaMenuntun suatu isyarat untuk memenuhiYang dilalui untuk mengetahui Mulailah untuk menjadi akhirAkhirilah untuk...

Education

KUNINGAN (MASS) – Puluhan sekolah calon penerima penghargaan tingkat daerah (Raksa Buana), tingkat provinsi (Raksa Persada) dan tingkat nasional, dikumpulkan Sabtu (12/6/2021). Mereka diberikan...

Advertisement