Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Keutamaan Majelis Ilmu

KUNINGAN (MASS) – Mencari ilmu termasuk ke dalam ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Sebab, Allah SWT menganugerahkan akal kepada manusia agar hamba-Nya terus belajar setiap harinya.

Menuntut ilmu adalah hal yang sangat mulia untuk dilakukan karena Allah akan meninggikan derajat bagi yang mengamalkannya. Sebagaimana tercantum dalam surat Al-Mujadalah ayat 11.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”

Salah satu tempat (majelis) untuk menuntut ilmu adalah majelis taklim. Jujur saja, yang hadir di majelis taklim mayoritas adalah kaum emak-emak.

Kalangan emak-emak yang rajin hadir dalam majelis taklim berpengaruh positif bagi kehidupan keluarganya. Dan, kebaikan keluarga berpengaruh positif terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini karena dalam majelis ilmu terdapat banyak keutamaan yang dapat dirasakan bagi orang-orang yang rajin menghadiri majelis taklim.

Pertama, merasakan ketenangan (kebahagiaan) dalam hidupnya. Jika keluarga bahagia maka bangsa pun bahagia. Sehingga tercipta kehidupan yang bahagia karena terjauhkan dari kegaduhan.

Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah bersabda,”Dan tidaklah sekelompok orang berkumpul di dalam satu rumah di antara rumah-rumah Allah; mereka membaca Kitab Allah dan saling belajar diantara mereka, kecuali ketenangan turun kepada mereka, rahmat meliputi mereka, malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di kalangan (para malaikat) di hadapanNya.”
(HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Kedua, mendapatkan rahmat Allah SWT. Orang-orang yang mendapatkan rahmat (kasih sayang) Allah maka akan sayang kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakatnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tidaklah sekelompok orang duduk berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, kecuali para malaikat mengelilingi mereka, rahmat (Allah) meliputi mereka, ketentraman turun kepada mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan (para malaikat) yang ada di sisiNya.” (HR. Muslim).

Ketiga, berada dalam taman surga. Masuk (berada dalam) surga merupakan dambaan bagi setiap orang. Orang-orang yang rajin menghadiri majelis taklim, selain merasakan surga di dunia juga akan masuk surga di akhirat kelak.

Dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kalian melewati taman surga, maka perbanyaklah dzikir!” Aku katakan; apakah taman surga itu wahai Rasulullah? Beliau mengatakan: “Kelompok-kelompok dzikir.” (HR. Tirmidzi).

Semoga Allah membimbing kita kaum muslimin agar Istikamah dalam menghadiri majelis taklim dan meraih keutamaan yang dijanjikan. Amin.

KH. Imam Nur Suharno, SPd, SPdI, MPdI.
Pemateri Majelis Taklim Emak-Emak di Kuningan Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Lantaran habis masa bakti, kepemimpinan PD Salimah (Persaudaraan Muslimah) mengalami pergantian. Posisi ketua yang sebelumnya dijabat Faridha SPdI, kini diserahkan kepada...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Cukup membanggakan. Warga Kuningan, Ninin Setianingsih yang menjabat Ketua PD Salimah Kab. Kuningan menjadi salah satu dari 45 penulis Buku Kisah...

Netizen Mass

Malam ini begitu menerawangBagikan gelap tak kunjung terangManakala hati sedang gundah gulanaMenuntun suatu isyarat untuk memenuhiYang dilalui untuk mengetahui Mulailah untuk menjadi akhirAkhirilah untuk...

Education

KUNINGAN (MASS) – Puluhan sekolah calon penerima penghargaan tingkat daerah (Raksa Buana), tingkat provinsi (Raksa Persada) dan tingkat nasional, dikumpulkan Sabtu (12/6/2021). Mereka diberikan...

Advertisement