Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Rajab Mulia, Momen Meningkatkan Amal Shalih

KUNINGAN (MASS) – Bulan Rajab merupakan salah satu yang termasuk ke dalam empat bulan haram. Bulan haram adalah bulan yang dilarang keras untuk melakukan kemaksiatan, serta diperintahkan bagi kita untuk memperbanyak amal shalih.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhu mengatakan “Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan Sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.”

Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Rajab, diantaranya peristiwa pertama kalinya kaum muslim hijrah ke Habasyah (Ethiopia) pada tahun ke-5 kenabian Nabi Saw. Peristiwa Isra mi’rajnya Nabi Saw, dimana Nabi Saw menerima perintah wajibnya shalat, dan beliau juga dikukuhkan sebagai pemimpin bagi seluruh umat manusia, ketika menjadi imam shalat para Nabi dan Rasul sebelumnya di Baitul Maqdis.

Kemudian ada peristiwa peralihan kiblat kaum Muslim dari Masjidil Aqsha ke Masjidil haram, peristiwa pecahnya perang badar, peristiwa perang Tabuk yang membuat jiper pasukan Romawi, peristiwa pembebasan Damaskus yang pada waktu itu dipimpin oleh Abu Ubaidah bin Al-Jarrah dan Kholid bin Al-Walid RA, peristiwa perang Yarmuk, peristiwa direbutnya Kembali Baitul Maqdis dari pasukan Salib oleh Shalahuddin Al Ayyubi.

Dan yang terakhir adalah peristiwa yang paling memilukan bagi kaum muslim yaitu runtuhnya khilafah Islamiyyah, yang dilakukan oleh Mustafa Kemal Atattruk seorang Yahudi. Dan setelah keruntuhannya, Islam tidak dijadikan lagi sebagai sistem Negara, dan digantikan dengan sistem Kapitalis Sekuler.

Ada dua hal yang penting untuk dikerjakan oleh setiap muslim, khususnya di bulan Rajab ini.

Pertama setiap hamba yang beriman dan merindukan Ridha Allah Swt selayaknya bersegera memperbanyak amal shalih, baik yang wajib maupun yang sunah, tanpa menunda nunda lagi, dan amal shalih ini harus dilaksanakan dengan ikhlas dan sesuai dengan syariat Allah Swt.

Kedua seorang hamba yang takut akan dosa dan siksa Allah Swt seharusnya bersegera meninggalkan berbagai kezaliman.

Amalan yang memang harus segera dilakukan oleh pribadi kaum muslim yaitu segera berhenti dari apa yang menyalahi hukum-hukum Allah. Serta giat melaksanakan amal-amal shalih, giat melaksanakan kewajiban-kewajiban dari Allah Swt, dan memperbanyak amal sunah. Semua ini bisa kita lakukan ketika kita mengetahui ilmunya, dan ilmu bisa kita dapatkan di majelis ilmu melalui tholabul ilmi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain itu ada amalan utama yang harus dilakukan kaum muslim di bulan Rajab ini. Dengan banyaknya kezaliman yang menimpa Negeri-Negeri Muslim di Ghaza, Rohingya, Uighur, India, Suriah, adalah bentuk tidak adanya pelindung/pemimpin kaum Muslim yang tampil sebagai junnah (Perisai). Dan saat ini seluruh kaum Muslim mempunyai kewajiban untuk memperjuangkan bagaimana supaya perisai umat ini bisa hadir kembali.

Semoga kita berada didalam barisan yang memperjuangkan akan hadirnya Perisai umat yang akan menghilangkan semua bentuk kezaliman di muka bumi ini.
Aamiin yaa robbal alamiin.

Wallahu’alam bishshawab

Penulis : Heni
Aktivis Muslimah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Lantaran habis masa bakti, kepemimpinan PD Salimah (Persaudaraan Muslimah) mengalami pergantian. Posisi ketua yang sebelumnya dijabat Faridha SPdI, kini diserahkan kepada...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Cukup membanggakan. Warga Kuningan, Ninin Setianingsih yang menjabat Ketua PD Salimah Kab. Kuningan menjadi salah satu dari 45 penulis Buku Kisah...

Netizen Mass

Malam ini begitu menerawangBagikan gelap tak kunjung terangManakala hati sedang gundah gulanaMenuntun suatu isyarat untuk memenuhiYang dilalui untuk mengetahui Mulailah untuk menjadi akhirAkhirilah untuk...

Education

KUNINGAN (MASS) – Puluhan sekolah calon penerima penghargaan tingkat daerah (Raksa Buana), tingkat provinsi (Raksa Persada) dan tingkat nasional, dikumpulkan Sabtu (12/6/2021). Mereka diberikan...

Advertisement