Connect with us

Hi, what are you looking for?

Health

International Nurses Day ‘’Our Nurses Our Future’’

KUNINGAN (MASS) – Tanggal 12 Mei 2023 merupakan peringatan hari perawat internasional. Peringatan ini merupakan dedikasi atas kontribusi dan kerja para perawat di seluruh dunia. Melalui kegiatan peringatan ‘’international nurses day’’ ini meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya profesi keperawatan yang mulia karena melalui perannya telah memberikan pikiran dan tenaganya dalam memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas kepada masyarakat di seluruh dunia.

Tidak hanya berperan dalam memulihkan dan mempertahankan kesehatan klien, namun juga berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara luas bersama dengan tenaga kesehatan lainnya.

Oleh karenanya, sudah sewajarnya semua lapisan masyarakat dan pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan tertinggi bagi semua tenaga kesehatan khususnya untuk kinerja perawat sebagai profesi kesehatan yang mulia dan dekat dihati masyarakat.

Tahun ini International Council of Nurses sebagai organisasi perawat internasional telah membuat tema peringatan yaitu ‘’Our Nurses Our Future’’ yang mana dalam peringatan ini dimaksudkan agar semua perawat bangga dengan profesinya serta memperkenalkan profesi perawat kepada masyarakat sebagai profesi yang mulia dalam memelihara dan mempertahankan perawatan kesehatan masyarakat.

Selain itu, sebagai masyarakat yang telah menerima jasa keperawatan, sudah seyogyanya memberikan penghargaan atas kontribusi serta mengakui semua karya perawat diseluruh dunia. Oleh karenanya, profesi perawat saat ini semakin menunjukkan kehadiran dan kiprahnya ditengah tengah masyarakat terutama dalam upayanya memeliharan kesehatan masyarakat.

Melihat kembali sejarah terciptanya hari perawat internasional, dimulai pada tahun 1974 oleh International Council of Nurses (ICN). ICN memilih tanggal 12 Mei sebagai hari perawat internasional. Tanggal tersebut dipilih sebagai penghargaan atas jasa dan kontribusi besar Florence Nightingale dalam dunia keperawatan. Sebagai pelopor keperawatan modern, Florence Nightingale telah meletakan dasar keperawatan modern dan pengarunya yang besar dalam perkembangan ilmu keperawatan di seluruh dunia.

Selain itu, Florence Nightingale berkontribusi besar dalam memperbaiki perawatan kesehatan. Tanpa itu, kemungkinan banyak nyawa yang akan hilang terutama dalam perang Krimea pada tahun 1854. Florence Nightingale sangat mementingkan kebersihan rumah sakit serta pengetahuan medisnya yang luar biasa mampu menyelamatkan banyak nyawa.

Untuk menghargai jasa dan kontribusi besar Florence Nightingale dalam dunia keperawatan, maka ICN menetapkan tanggal 12 Mei sebagai hari perawat internasional. Tanggal tersebut merupakan tanggal lahir Florence Nightingale. Dimulai pada tahun 1974 sampai dengan sekarang, setiap tanggal 12 Mei, seluruh perawat diseluruh dunia merayakannya sebagai hari penting perawat.

Hari perawat internasional, bukan hanya dirayakan sebagai selebrasi saja, melainkan dapat meningkatkan kesadaran anggotanya untuk semakin meningkatkan kinerja dan karyanya yang lebih bermanfaat terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui bentuk peningkatan kualitas layanan keperawatan berkualitas berbasis penguatan inovasi melalui pengembangan riset dan teknologi keperawatan yang paling mutahir.

Advertisement. Scroll to continue reading.

International Nurses Day ini menandai kontribusi para perawat yang baik hati, penyayang serta sabar dalam memberikan perawatan kesehatan masyarakat. Setiap tanggal 12 Mei selalu diperingati sebagai hari perawat sedunia serta dijadikan kesempatan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas kinerja, bakti dan semua karyanya.

Perawat sudah memberikan pasien perawatan yang berkualitas dengan cara komunikasi efektif, memahami kebutuhannya serta memberikan perawatan yang komprehensif. Tidak salah jika ada kalimat yang menyebutkan bahwa dokter berada disebelah tuhan karena menyelamatkan kita dari penyakit. Jika demikian, maka perawat dianggap sebagai malaikat karena mereka selalu berada di sisi dokter dan membantunya.

Dalam rangka memperingati hari perawat sedunia, kita bisa merayakannya melalui ucapan terima kasih kepada seluruh perawat di dunia. Bisa juga kita mengekspresikan dengan rasa hormat kita kepada perawat atas segala jasa dan kontribusinya. Selain itu, bisa pula kita mengekspresikannya dengan mengikuti kampanye di media sosial.

Melalui peringatan perawat sedunia ini, menjadi kesempatan bagi semua perawat untuk semakin meningkatkan kinerja dan kontribusinya bagi kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan. Besar harapan, semoga profesi perawat semakin bersinar dan berjaya kedepannya dan manfaat perannya semakin dicintai dan dirasakan oleh masyarakat.***

Penulis :
Ns. Nanang Saprudin, S.Kep., M.Kep (Dosen Keperawatan & Ketua DPK STIKes Kuningan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Lantaran habis masa bakti, kepemimpinan PD Salimah (Persaudaraan Muslimah) mengalami pergantian. Posisi ketua yang sebelumnya dijabat Faridha SPdI, kini diserahkan kepada...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Cukup membanggakan. Warga Kuningan, Ninin Setianingsih yang menjabat Ketua PD Salimah Kab. Kuningan menjadi salah satu dari 45 penulis Buku Kisah...

Netizen Mass

Malam ini begitu menerawangBagikan gelap tak kunjung terangManakala hati sedang gundah gulanaMenuntun suatu isyarat untuk memenuhiYang dilalui untuk mengetahui Mulailah untuk menjadi akhirAkhirilah untuk...

Education

KUNINGAN (MASS) – Puluhan sekolah calon penerima penghargaan tingkat daerah (Raksa Buana), tingkat provinsi (Raksa Persada) dan tingkat nasional, dikumpulkan Sabtu (12/6/2021). Mereka diberikan...

Advertisement